Pengertian WEB



Web merupakan reprentasi sebuah halaman di internet yang menyajikan berbagai macam informasi. Halaman - halaman tersebut merupakan dokumen yang tersebar di beberapa komputer di seluruh dunia yang terhubung satu sama lain. File dokumen tersebut dapat berisi bahasa pemrograman (HTML, PHP, CSS, JavaScript), File Gambar, Suara, dan Sebagainya, tersimpan pada server online (hosting) dan mempunyai alamat yang spesifik (domain) yang dapat di akses melalui sebuah web browser. perkembangan web sampai saat ini dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu :

1. Web 1.0

Versi yang pertama dari web menyajikan informasi secara statis atau dikenal sebagai 'read-only web' sehingga seorang pembaca dimungkinkan mencari informasi yang mereka inginkan. Interaksi dengan pembaca masih sangat sedikit sekali, kalaupun ada maka pihak pembuat/programmer akan sering dicari untuk mengubah keseluruhan atau sebagian konten web.


2. Web 2.0

Versi yang kedua ini menandakan adanya hubungan interaktif antara pembaca dan pembuat web sehingga pengguna dapat memberikan kontribusi terhadap tampilan/konten website. Istilah Web 2.0 ini pertama kali diperkenalkan oleh O'Reilly Media pada tahun 2004. Di dukung dengan kemajuan inovasi antarmuka (interface) yang menggabungkan antara teknologi HTML, JavaScript CSS, dan XML. Contoh Web 2.0 ini antara lain web jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, Wikipedia, dan Flickr yang menekankan kolaborasi online dan berbagi antar pengguna.


3. Web 3.0

Versi yang ketiga ini dikenal sebagai semantic-web yang mempunyai beberapa ciri/karakteristik, antara lain :

a. Kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang lebih maju sehingga web akan dapt memahami kata per kata yang diketikkan oleh pengguna.

b. Ubiquitous connectivity yang memungkinkan website dapat di akses pada berbagai perangkat ponsel saja melainkan dapat di akses melalui jam tangan, televisi, dan lain - lain

c. Revolusi tampilan dari dua dimensi ke tiga dimensi


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close