Melanjutkan Update Source Code Pada Pembahasan Yang Sebelumnya, pembahasan ini ditujukan untuk melakukan beberapa perubahan pengaturan dan script pada saat diterapkan secara Online. Ada beberapa hal perubahan yang harus diterapkan ketika source code Web Profil Sekolah dan PPDB ini diterapkan secara Online.
Web Profil Sekolah dan PPDB
Web Profil Sekolah dan PPDB

Pembahasan ini fokus pada masukan – masukan para pembaca buku Membuat Web Profil Sekolah dan PPDB online serta beberapa contoh kasus pada saat diterapkan secara Online. Ok broo... Langsung Ke TKP.

1.         Update Script Zopim Online Chat Agar Chat Langsung Ke Email Pengguna.
update_script_Zopim
Online Chat Dengan Zopim

Tulisan ini saya buat karena banyak lokomoders yang sudah menerapkan source code Web Profil Sekolah dan PPDB online tetapi belum melakukan perubahan pengaturan Online Chat dengan script Zopim yang di rubah ke Pengaturan Script Zopim dari Email pengguna. Sehingga banyak pertanyaan dan diskusi dari web yang masuk ke email saya. Hal ini terjadi karena code yang diterapkan secara default merupakan script Zopim dari akun yang saya buat. Untuk itu untuk melakukan uji coba atau saat sudah online pembaca sekalian harus merubah script Zopim ini agar bisa melakukan online chat dengan pengunjung website anda.

Untuk melakukan perubahan ini dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
Langkah pertama yang dilakukan adalah cari dan buka file template.php kemudian cari script pengaturan Zopim berikut ini :
<!--Start of Zopim Live Chat Script-->
<script type="text/javascript">
window.$zopim||(function(d,s){var z=$zopim=function(c){z._.push(c)},$=z.s=
d.createElement(s),e=d.getElementsByTagName(s)[0];z.set=function(o){z.set.
_.push(o)};z._=[];z.set._=[];$.async=!0;$.setAttribute('charset','utf-8');
$.src='//v2.zopim.com/?2I8tFa18UMCUw0b0iFfJUJRVgpDfTcXa';z.t=+new Date;$.
type='text/javascript';e.parentNode.insertBefore($,e)})(document,'script');
</script>
<!--End of Zopim Live Chat Script-->

Hapus Script tersebut dan ganti dengan script Zopim yang sudah anda dapatkan dari akun Zopim anda sendiri. Untuk bagaimana cara membuat akun zopim dan mendapatkan kode embeed nya sudah dibahas pada buku Web Profil Sekolah Dan PPDB Online.
[ads-post]
2.         Update Script Google Custom Search Engine.
2_update_script_google_CSE
Google Custom Search Engine
Lakukan Update Script Google CSE seperti yang sudah dibahas pada Buku Membuat Web Profil Sekolah dan PPDB Online. Karena jika tidak di Update dengan script yang anda buat melalui Dashboard Google CSE maka hasil nya akan secara default mengarah ke http://localhost/ppdb_online/google-search.html?q=..... Hasilnya seperti Gambar di Bawah ini:
2a_hasil_pencarian_google_CSE
Hasil Pencarian dengan Google Custom Search Engine

3.         Update Script Komentar Facebook Untuk Semua Halaman Secara Default.
3_update_url_facebook_comment
Update Script Komentar Facebook Untuk Semua Halaman
Selanjutnya setelah source code adalah update Web Profil Sekolah dan PPDB Online ini diterapkan secara online adalah dengan melakukan Update komentar facebook. Caranya dengan  membuka file halamanstatis.php yang berada pada folder ../modul/mod_halaman dan cari script
echo"<div class='fb-comments' data-href='http://imagomedia.co.id/hal-$d[judul_seo].html' data-width='470'></div>";
Ganti 'http://imagomedia.co.id dengan Url Website anda sendiri. Jika tidak maka komentar facebook tidak bisa berfungsi secara maksimal. Lihat gambar dibawah ini ketika script ini tidak di update menggunakan Url Website anda sendiri. Sebagai contoh domain web nya adalah www.sindopos.com berarti scriptnya dirubah menjadi :
echo"<div class='fb-comments' data-href='http://sindopos.com/hal-$d[judul_seo].html' data-width='470'></div>";

Gambar 1 : Komentar Facebook akan muncul dan dikenali sebagai domain imagomedia.co.id
4.         Merubah Ekstensi Gambar Agar bisa Tampil Pada Browser.

4_mengganti_halaman_hubungi_kami
Beberapa image tidak tampil

Saat Source Code Web Profil Sekolah & PPDB Online ini dterapkan secara online ada beberapa image yang tidka bisa tampil. Hal ini dikarenakan karena beberapa ektensi dari gambar tersebut masih menggunakan huruf besar. Contoh info.PNG seharusnya dirubah menjadi info.png. Untuk mengatasi adanya beberapa image yang tidak tampil adalah dengan merubah ekstensi dari huruf besar menjadi huruf kecil. Lihat Gambar di bawah ini :
5_a_merubah_ekstensi

Ekstensi gambar menggunakan huruf besar.

5.         Upload Gambar dari Teks Editor Saat Online.
6_upload_gambar_dalam_teks_editor

Gambar 1 : Input Gambar Pada Dari Teks Editor

Saat akan membuat artikel atau posting berita sekolah terkadang memerlukan ditempatkan gambar pada tengah artikel. Pada source code Web Profil Sekolah dan PPDB online jika masih pada server localhost hal ini tidak menjadi kendala. Tetapi ketika sudah diterapkan secara Online maka input gambar ditengah artikel ini tidak bisa berjalan dengan baik. Untuk mengatasinya ikuti langkah berikut ini :
Settingan untuk input gambar di editor diatur di file config.php yang terdapat di folder .../user/editor/filemanager/connectors/php. Kemudian cari script $fckphp_config['UserFilesPath'] = "./ppdb_online/user/editor/gambar" ; 

Jika sudah ketemu replace ppdb_online dengan url/domain Web anda sendiri. Sebagai contoh domain web nya adalah www.sindopos.com berarti scriptnya dirubah menjadi :
fckphp_config['UserFilesPath'] = "./www.sindopos.com/user/editor/gambar" ;

Itulah beberapa Update Dari Source Code Web Profil Sekolah & PPDB Online yang dilakukan. Jika ada pertanyaan dan kendala lain silahkan mengirimkan email ke penulis di id : agus_pacitan@yahoo.co.id atau ikuti blog pembahasan dan update lainnya di blog penulis yaitu di http://blog.imagomedia.co.id


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close