Object Oriented Programming PHP: Hypertext Preprocessor
Kali ini saya ingin menulis tentang Tutorial PHP, Namun bukan PHP Dasar / Prosedural lagi, melainkan PHP OOP atau Obejct Oriented Programming. Apa perbedaan PHP yang biasa kita pakai (Prosedural) dengan OOP (Object Oriented Programming) ? Kita akan bahas sedikit teorinya agar mudah dipahami ketika kita mempraktekannya. 

Programming secara Prosedural adalah gaya pemrograman yang paling mudah dipahami secara algoritmik. Jadi ketika kita pertama kali mempelajari bahasa pemrograman, kita dituntut untuk memahami program yang dibuat secara algoritmik. Sedangkan Object Oriented Programming adalah Pemrograman berorientasi objek yang mana OOP ini adalah pengembangan dari gaya pemrograman Prosedural. Bagi kebanyakan orang yang sudah terbiasa dengan gaya programming prosedural, biasanya akan mengalami kesulitan ketika ingin beralih ke gaya pemrograman berbasis objek. mengapa?

Untuk mempelajari OOP ini memang sangat disarankan bagi para programmer yang sudah mahir / advanced. Karena selain penguasaan dari sisi algoritmik, programmer OOP ini harus mampu menyatakan masalah kedalam bentuk objek-objek. Wajar programmer prosedural agak susah beralih ke object oriented karena mereka sudah terbiasa dengan menyatakan masalah kedalam bentuk algoritma tapi dipaksakan beralih ke bentuk objek. Tapi tenang, OOP dalam PHP tidak sulit. Jika kita mempelajarinya secara pelan-pelan asalkan betah di ulang-ulang dan sambil praktek, nanti juga bisa dan terbiasa juga. Saya rasa cukup untuk teori pengenalannya, kita langsung lanjut ke topik pembelajaran PHP Object Oriented Programming.

Saya buat tahapan pembelajaran PHP Object Oriented ini mulai dari awal dan insya Allah akan saya update terus pembelajaran ini. Berikut ini adalah tahapan belajarnya.
  1. Mengenal Class, Property dan Method
  2. Mengenal Constructors dan Destructors
  3. Accessibility Property dengan Encapsulation
  4. Inheritance atau Pewarisan
Insya Allah artikel ini akan terus berlanjut tentang pembelajaran dan latihan OOP pada PHP. So, jangan lupa subscribe hehe.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close