Sebelum Masuk bagaimana Cara Instal Xampp lebih dahulu Kita harus tahu Apa itu XAMPP  Server.

Tahap Pertama ketika akan belajar membuat Website kita harus memiliki sebuah server agar web tersebut bisa berjalan secara dinamis. Banyak penyedia software lokal server ini diantaranya adalah Apache Friends, LAMPP, Microsoft Server, XAMPP dll. Saat ini kita akan bahas install lokal server menggunakan XAMPP.


XAMPP adalah singkatan dari Cross-Platform (X), Apache (A), MySQL (M), PHP (P) dan Perl (P). Software Ini adalah aplikasi yang memuat distribusi Apache yang ringan dan sangat mudah bagi pengembang untuk membuat server web lokal untuk tujuan pengujian. Segala yang Anda butuhkan untuk membuat sebuah server web - server aplikasi (Apache), Database (MySQL), dan bahasa scripting (PHP) - disertakan dalam software ini.

XAMPP juga cross-platform, yang berarti bekerja sama dengan baik di Linux, Mac dan Windows. Karena sebagian besar penyebaran web server yang sebenarnya menggunakan komponen yang sama seperti XAMPP, itu membuat transisi dari server tes lokal ke server live sangat mudah juga. Pengembangan web menggunakan sangat mudah dengan XAMPP terutama untuk pemula.

Tahap 1 :

Pilih komponent apa saja yang ingin anda install di server lokal anda. Jika anda belum begitu memahami komponent-komponent apa saja pilih aja semua setting nya dan  pilih “NEXT”. Yang paling penting Install Apache dan MySQL harus di Centang.






Tahap 2.

Pilih Direktori Tempat di mana folder server anda ditempatkan. Bisa anda tempatkan di C:\xampp atau D:\xampp terserah anda mau ditempatkan dimana. Yang penting Ingat ...Hehheehee
Kemudian Klik Install dan tunggu sampai selesai. (apapun pesan yang muncul klik next)








Tahap 3.
Jika Sudah Selesai Proses instalalasi akan muncul command prompt seperti gambar disamping. Pilih x saja karena dapat kita setting di kemudian nanti. 





Tahap 4
Jalankan XAMPP yang sudah terinstall untuk melakukan konfigurasi.
Centang SVC dan klik tombol start sepert gamabr disamping baik untuk Apache, My Sql jika perlu Fil Zilla Nya juga






Tahap 5
Sekarang buka browser anda dan ketikkan Localhost maka secara otomatis url nya akan mengarah        pada server default yaitu : 
http://localhost/xampp/
Jika Berhasil maka akan tampil seperti gambar disamping. 



Terakhir :
Explore data penyimpanan directoru anda menginstall XAMPP dan cari folder xampp/htdocs Di sinilah nanti script PHP kita nantinya diletakkan.

Contoh Nama Aplikasinya adalah belajar. Berarti harus meletakkan script pada folder xampp/htdocs/belajar. Sedangkan pada browser nya alamat nya adalah : http://localhost/belajar yang berarti browser mengarah pada sub folder belajar di root htdocs.

Untuk Melihat Video Tutorial nya bisa dilihat di channel youtube :

Ok.,Thank you




   

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.