Membangun Website Personal (Web Pribadi) dengan PHP
Bismillahi.

Membangun Website Bagian Pertama

Perkembangan website beberapa tahun terakhir ini sungguh sangat pesat. Banyak sekali latihan ataupun tutorial tentang bagaimana membuat website dinamis ini. Baik dari sebuah buku ataupun dari beberapa blog/ website itu sendiri. Banyak pula yang mengupas membahas tuntas bagaimana cara kita membangun website ini dari bawah, benar-benar dari bawah / dari nol sampai atas / maksimal, dari offline sampai website tersebut online. Tentu cara tersebut bukan perkara yang sulit untuk seorang programmer wahid, yang sudah banyak berkecimpung di dunia pemrograman website terutama dengan PHP. Namun, bukan hal yang tidak mungkin seorang pemula seperti PHPBEJO ini tidak mampu melakukannya ^_^.
Sebenarnya beberapa bahasa pemrograman untuk membangun sebuah website dinamis, namun dalam pembahasan di PHPBEJO, akan membahas sedikit tentang PHP ^_^. Oke, kita mulai dari pembahasan pertama.

Langkah Pertama (1)
Di bagian ini, kita berharap sudah memahami tentang HyperText Markup Language atau disingkat HTML. Apakah itu HTML itu? Ya, sedikit kita akan membahasnya.

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox, Microsoft Internet Explorer dll. (sumber: wikipedia)

Untuk lebih jelasnya, silahkan Ask Google before You Ask Other's. Karena disini kita tidak akan memfokuskan pembahasan bagaimana cara membuat website dengan HTML.

Terlepas dari HTML, yang harus kita lakukan adalah membuat Layout / tata letak konten dari website. Untuk pembahasan layout, Insya Allah akan kita bahasa di lain kesempatan. Dan pada saat ini kita akan membuat layout dengan gambaran seperti ini:

Layout Website

bersambung...
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close